3.12.12

Saya, Plegmatis !

Kemarin saya mengikuti sebuah training selama 3 hari dan selama 3 hari itu kami habiskan untuk membahas 4 karakter manusia, koleris, melankolis, sanguins, dan plegmatis. Dan ternyata saya termasuk kedalam golongan orang yang berkarakter PLEGMATIS, si pecinta damai :D .Maka dari itu saya akan membahas tentang plegmatis saja yaaa :p



Orang plegmatis sering dijuluki Si Pecinta Damai, atau Tukang Tidur karena tak jarang orang-orang plegmatis yang hobby tidur (termasuk saya) dan kalau si plegma udah tidur, susah banget buat dibangunin !

Berikut ciri kelemahan sang Plegma:

-Tukang tidur: kalo udah PW pasti bawaannya ngantuk, dan akhirnya tidurlah dia.. dimanapun tempatnya (termasuk di kamar mandi :D)

- Lamban dan suka menunda: orang plegmatis itu salah satu pengembang budaya procrastinasi (suka menunda-nunda pekerjaan) di dunia.

- Malas: biasanya karena dia suka menunda, makanya terbiasa bermalas-malasan. Seringkali berkata "ntar aja deh ngerjainnya.."

- Pesimis: dia juga tipe yang sering berfikiran negatif, pesimis, menganggap remeh akan dirinya sendiri.

- Penurut dan enggan berkata TIDAK: jika diperintahkan atau dimintai pertolongan, sang plegma pasti menjawab YA walaupun hal itu dapat mengorbankan dirinya.

- Susah mengambil keputusan: seringkali lebih menyerahkan pengambilan keputusan kepada orang lain, terutama kepada Koleris.

- Keras kepala: kalo lagi dinasehati nurut-nurut aja tapi tidak ada bukti nyata dari sang plegma. Ribet juga menasehati si plegmatis ini (maunya appaaaaaaa -,-)

- Sembrono: makanya orangnya agak berantakan, agak mirip Sanguins sih.

- Tidak suka perubahan: apapun rencana kalian untuk mengubah hidup si plegma, it won't work ! Soalnya dia pasti akan kembali ke kehidupan awalnya yang dianggap udah nyaman banget.

- Kurang antusias: selalunya harus ada orang yang mendorong dan memotivasinya untuk melakukan sesuatu. Dan walaupun sudah dimotivasi, jangan heran jika dia tetap tidak berantusias. Yahh memang begitu kepribadiannya. (sabar yaaa buat motivatornya :D, tetap cemumuutttt ! hhe)


Nahh sekarang kita bahas kelebihannya, biar si plegma ga berkecil hati :* (nyinggung diri sendiri :| )

- Cerdas dan baik hati: jarang ada yang tau kalo sebenarnya si plegma ini orangnya cerdas, tapi karena dia seringkali lebih memilih diam daripada membuat forum diskusi jadi rusuh karena kecerdasannya (lebay banget ya ? hha) jadi kecerdasannya itu hanya sebatas nongkrong di otaknya.

- Apa adanya: orang yang plegmatis tampil apa adanya, baik kepribadian maupun penampilan (saya banget ini :D hhe)

- Setia: ciyeeeee.. ciyeeee.. pacarnya plegma harusnya tenang-tenang aja soalnya plegma itu karena rasa malesnya, dia juga jadi males buat selingkuh hha. Bang aliifff.. aku setia padamuuuu sayaaangg :* (ups! maaf.. jadi ngawur gini -__-')

- Tenang: kebanyakan orang yang berkarakter plegmatis ini pembawaannya tenang, kalo mereka pada ngumpul dijamin suasananya jadi sunyi senyap.. nunggu suara jangkriknya aja kalo ada. Krikk kriikkk..!
Kecuali dia punya karakter pendamping Sanguins Populer (seperti saya ini nih), plegmatis tapi tetep rameee :D.

- Keberanian luar biasa: walaupun pembawaannya tenang, tak disangka dia itu orangnya pemberani lho ! Makanya jangan kelewatan juga memanfaatkan kebaikan hati Sang plegma ini.

- Administrator yang baik: kalo ada diskusi mungkin plegma lebih suka diam seribu, dua ribu, tiga ribu, empat ribu.. (lho? kok malah ngitung duit -,-) eit, seribu bahasa, tapi kalo soal administrasi.. serahkan kepada plegma ! Dia lah jagonya kawan-kawan.. Jadi kalo mau ngetik tugas kelompok, kasih daahhhhh ke plegma :D.

- Pendengar yang baik: mau curhat ? curhat ke plegma saja ! dia bakal dengerin semua curhatanmu ! (jadi ga usah nyanyi-nyanyi lagunya Vierra melulu kalo lagi mandi, ga ada lagu lain apa -,-)

Nahh, sudah puaskah anda dengan penjelasan saya ?
apa ?
belum ???
ciyusss ??
miapah ?? :p
okedeh, LANJUUUTTT !

Kebutuhan emosional orang yang plegmatis:
- Rasa hormat
- Pengertian
- Dukungan emosional
- Menginginkan seseorang yang membuatnya berharga dan tidak dilecehkan !

Seorang yang plegmatis akan tertekan dan takut kalau:
- Hidup diwarnai konflik
- Menghadapi konfrontasi pribadi (antara 2 pilihan)
- Diberi tanggung jawab
- Melakukan perubahan besar

Orang yang disukai oleh Sang Plegmatis:
- Membuatkan ia keputusan
- Mengakui kekuatannya
- Tidak diabaikan
- Memberi si Plegma penghargaan (bukan penghargaan AMI awards atau semacamnya ya ! ckck)

Orang yang tidak disukai oleh plegma:
- Terlalu memaksa
- Mengharapkan terlalu banyak
- Terlalu banyak bacot ! (Nah lho ? hati-hati Sanguins :p hha )

Sebagai pemimpin, plegmatis ituuu..:
- Santai dan tenang
- Teguh (bukan mario teguh yaa !)
- Tidak membuat keputusan sendiri
- Menghindari kesulitan
- Kering gagasan baru; kurang kreatif

Kalo Si Plegma lagi stress, dia akan..:
- Bersembunyi
- Lari dari kenyataan hidup
- Nonton TV
- Makan

Ini dia yang terakhir ! Plegma dapat dikenali dari:
- Langkahnya yang pelan dan lambat
- Duduk santai, jika memungkinkan, dia akan mencari tempat untuk bersandar.
- Pakaian santai
- Merendah, pendengar yang baik, dan
- Damai berbaur

Naahh, kurang lebih itulah yang masih saya ingat tentang PLEGMATIS DAMAI..
Tidak semua hal-hal diatas akan mengena pada diri anda, pasti ada yang beda satu atau beberapa poin karena pada hakikatnya tiap orang memiliki keempat unsur karakter yang saya sebutkan tadi.. tapi pastinya ada satu karakter yang mendominasi pada diri anda.. termasuk karakter plegmatis pada diri saya sendiri.

Sekiaannn, thanks a bunch readers ! XOXO ({}) :*

26 komentar:

  1. kalo saya sanguin campur melankolis, hahaahah :))

    BalasHapus
  2. Sanguin, itumi kalo dak adaki jdi dak rame mi kak :D :)

    BalasHapus
  3. kalo koleris, melankolis, sanguins,?? D jelasin jg donk dq., bg gak trmasuk si plegma.,, :(

    BalasHapus
  4. Yah hha, iya2.. Ntar piy buat jg postingannya bang :D

    BalasHapus
  5. sy plegmatis juga nih, sy mw tanya nih, di tempat sy kerja kyknya sy doang yg pleghmatis, semuanya curhat ke saya klo ada masalah, tapi kenapa saya ga bisa curhat pada mereka, rasanya ga srek aja gitu, solusinya gmn ya ?

    balesnya lewat email ya, di ink_trelawney@ymail.com
    thx kk

    BalasHapus
  6. wahhh anak plegma yah piyya... ehemm eheemm dehh,
    aku juga habis training dan hasilnya MELANKOLIS, si sempurna... walahhh walahh

    kunjungi juga yah blog baru aku di justangzealotous.blogspot.com

    BalasHapus
  7. bagaimana caranya supaya seorang plegmatis akut seperti saya bisa survive di kehidupan yang keras ini ? :"

    BalasHapus
  8. Ini masya Allah bener banget-_- haha. Yaudah lah, semoga golongan plegmatis bisa membawa pengaruh yang baik dan bermanfaat bagi sekeliling dan dunia(?) ini

    BalasHapus
  9. bener bngt nih.....! * ksh applause sbnyk bnyk nya *

    BalasHapus
  10. sy seorang plegma..sy suka tidur dan susah bingiiitz buat di bangunin,dan sy sering kontra dgn tmn2 kos gra2 itu..terus saya harus bagai mana?

    BalasHapus
  11. makin banyak plegmatis negrinya makin hancur, ga bkl betah mereka pada perubahan, berantas kaum plagmatis.. sambil ngaca :D persetan ngurus negara, yg pntg hati ttp damai, persetan skripsi, yg pntng masih ada hiburan hahaha.. persetan cewek T.T, beneran nih persetan cewek? Tuhan kenapa saya harus berakhir seperti ini T.T

    BalasHapus
  12. Gua juga plegmatis cuy...hhh

    BalasHapus
  13. Gue juga paling engga banyak miripnya ke plegmatis lah ya. Cuman gue rame, dan langkah gue juga cepet bgt kalo jalan. Makan gue juga cepet,gue juga kadang kebanyakan rencana apa ide jatohnya jd puyeng,gue juga suka perubahan. Tapi gue pembawaan nya tenang dan jarang nunjukkin emosi,suka bingung menetukkan pilihan juga tapi gue gampang terenyuh hatinya. Kok gue di ke 4 ciri kepribadian ada semua ya. Jd gue yg mana wkwk

    BalasHapus
  14. Gue juga paling engga banyak miripnya ke plegmatis lah ya. Cuman gue rame, dan langkah gue juga cepet bgt kalo jalan. Makan gue juga cepet,gue juga kadang kebanyakan rencana apa ide jatohnya jd puyeng,gue juga suka perubahan. Tapi gue pembawaan nya tenang dan jarang nunjukkin emosi,suka bingung menetukkan pilihan juga tapi gue gampang terenyuh hatinya. Kok gue di ke 4 ciri kepribadian ada semua ya. Jd gue yg mana wkwk

    BalasHapus
  15. Saya juga plegmatis broo, saya banget nih beneran

    BalasHapus
  16. Komentar ini telah dihapus oleh pengarang.

    BalasHapus
  17. Saya juga plegmatis, kalau lg stress suka bersembunyi dan lari dari kenyataan, hahaha. Karna paling tidak suka mendapat masalah

    BalasHapus
  18. Saya plegmatis melankolis. Jadi, kalau misalnya diminta untuk memimpin diskusi atau sebuah kelompok pasti jatuhnya gak tega buat bersikap tegas pada anggota yang gak patuh aturan. Yang ada paling nangis gara2 gak tahu apa yang harus diomongin dan takut membuat orang lain tersinggung

    BalasHapus
  19. Saya banget, terimakasih info detail ny
    #saya baca sambil senyum2 sendiri lhoo😂

    BalasHapus
  20. Saya melankolis pleghmatis ...ada sanguin"nya dikit sih ....heheh. .😁🤗

    BalasHapus
  21. Saya 70% plegmatis, 10% melankolis, 10% kolaris, 10% sanguin, karena lingkungan sih jadi kayaknya bisa diubah dikit2 kepribadian kita,

    BalasHapus
  22. Saya Plegmatis 100%. Berharap dapet jodoh #Koleris, Amin. Thanks buat tulisan nya

    BalasHapus

© Holla! It's Piyyo, AllRightsReserved.

Designed by ScreenWritersArena